Andean Condor - Jenis Burung Pemakan Bangkai Terbesar Di Dunia

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Facebook Page

Andean Condor - Jenis Burung Pemakan Bangkai Terbesar Di Dunia

PantengMin
Senin, 25 Februari 2019
Jenis burung pemakan bangkai ini bernama Andean Condor (Vultur gryphus, Kondor Andes, Rajawali Andes). Andean Condor menjadi burung pemakan bangkai terbesar di dunia yang mampu terbang.

Sumber Foto : HBW.COM
Andean Condor adalah spesies burung Amerika Selatan yang termasuk dalam keluarga burung pemangsa sekaligus burung pemakan bangkai dan satu-satunya anggota genus Vultur. Burung ini dapat ditemui di pegunungan Andes dan pantai Pasifik Amerika Selatan barat.

Burung Andean Condor ini hidup di daerah pegunungan Andes yang berangin dan tentu bukan tanpa alasan mereka hidup pada area tersebut. Angin dapat membantu mereka terbang dengan sedikit usaha. Meskipun demikian, mereka juga dapat ditemui di daerah pantai yang berangin kencang, dan daerah gurun yang memiliki arus udara panas.

Sumber Foto: chimuadventures.com
Pada umumnya burung ini memiliki bulu dengan warna hitam, tetapi yang betina memiliki sedikit noda putih di bagian lehernya, serta beberapa corak putih di sayapnya. Andean Condor ini memiliki kepala yang gundul.

LIHAT VIDEO BURUNG ANDEAN CONDOR


Karena burung ini termasuk burung pemakan bangkai, mereka memiliki penglihatan yang tajam untuk mengawasi sekeliling yang kemungkinan ada makanan baginya. Mereka akan memangsa bangkai binatang besar, liar ataupun domestik. Sedangkan yang hidup di pantai akan memangsa binatang laut yang mati seperti anjing laut atau ikan. Andean Condor juga berperan penting sebagai pembersih bumi.

Saat ini beberapa program penangkaran tengah dilakukan untuk menjaga populasi burung Andean Condor ini. Karena populasi burung ini berada dalam status 'Terancam Punah'. Diperkirakan ada sekitar beberapa ratus saja jenis burung ini yang hidup di Amerika bagian Selatan.