Recent Posts

10 Cara Mengatasi Insomnia

Halo PantengMania, mimin pernah loh ngerasain susah tidur, katanya sih itu insomnia namanya. Mimin sih yakin, kalian pasti pernah mengalami insomnia juga kan?


 Stress sering menjadi penyebab utama masalah tidur yang satu ini. Kurangnya tidur tidak hanya mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi berkurang, tetapi juga akan mengganggu konsentrasi, sehingga dapat berakibat fatal. Nah! Seberapa sering sih kalian alami insomnia ini? Hayooo, jika terlalu sering tentu tidak baik bagi kesehatan dan produktivitas kalian.Yuk simak 10 Cara Mengatasi Insomnia berikut ini :

1. HINDARI CAHAYA SAAT TIDUR

Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.

Tips: Matikan TV, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya satu jam sebelum kamu tidur. Tutupi dengan kain gelap semua peralatan sumber cahaya yang tidak bisa dimatikan.

2. HINDARI KAFEIN 9 JAM SEBELUM TIDUR

Kopi di pagi hari memang bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, kamu perlu menghindari untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengkonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.

Tips: pain killers dan juga pil penurun badan juga mengandung kafein, jadi kamu juga harus menghindarinya. 

3. MENGATUR JADWAL TIDUR

Aturlah agar jadwal bangun dan tidur kamu sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak kamu tetap pada siklus bangun dan tidur yang sehat. Pada waktunya, kamu akan tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

Tips: Dapatkan cahaya yang terang selama 5 sampai 30 menit segera mungkin setelah kamu bangun tidur. Cahaya adalah regulator terkuat untuk membangunkan kamu dari tidur.

4. OLAHRAGA YANG TERATUR

Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama kamu melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energi yang kamu dapatkan setelah olahraga dapat membuatmu tetap terjaga. Beri jarak antara kamu selesai berolahraga dengan waktu tidur sekitar 3-4 jam.

Tips: olahraga atau latihan ringan seperti yoga, tai chi, dan latihan-latihan serupa boleh dilakukan sebelum tidur.

5. COBALAH MENETRALISIR SUARA

Tetesan keran, anjing menggonggong, suara kendaraan akan menghilangkan sebagian besar waktu tidur kamu.

Tips: Lawanlah suara tersebut dengan suara yang lebih teratur dan tenang, seperti suara fan, AC, atau suara menenangkan lainnya. Anda juga bisa menggunakan sumbat telinga (ear plugs) untuk mengatasinya.

6. JANGAN MEROKOK / HINDARI NIKOTIN

Nikotin juga merupakan sebuah stimulan, sama halnya dengan kafein. Nikotin akan membuat kamu semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.

Tips: Untuk mempermudah rencana berhenti merokok Anda, Anda akan tidur sedikit lebih baik jika Anda merokok lebih sedikit dari biasanya dan telah berhenti melakukannya selama paling tidak empat jam sebelum Anda pergi tidur.

7. MERELAKSASIKAN PIKIRAN

Redakan emosi dan juga pikiran kamu sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran kamu.

Tips: Ritual ini juga dapat dilakukan 10 menit sebelum tidur ketika waktu tidur kamu semakin sempit.

8. MENGGUNAKAN BANTAL

Nyeri punggung ringan mungkin tidak akan membangunkan tidur, tetapi akan sangat mengganggu tidur nyenyak kamu. Solusi yang mudah adalah dengan meletakkan sebuah bantal kecil di antara kedua kaki kamu saat tidur menyamping, gunanya untuk menyejajarkan pinggul dan mengurangi nyeri di bagian punggung.

Tips: Saat tidur telentang, letakkan bantal kecil di bawah kedua lutut Anda untuk mengurangi nyeri punggung saat malam hari.

9. NETRALKAN POSISI LEHER

Jika kamu bangun tidur dengan leher kaku, salahkan bantal saja bantalmu. Terkadang kamu menggunakan bantal yang terlalu tebal atau yang terlalu tipis. Bantal kamu harus berukuran tepat untuk mendukung leher kamu dalam posisi netral. Untuk tidur menyamping, hidung kamu harus sejajar dengan pusat tubuh kamu.

Tips: Hindari tidur dengan posisi telungkup, karena justru akan melilitkan leher Anda.

10. BERSIHKAN TEMPAT TIDUR SECARA TERATUR

Alergi yang dapat menyebabkan bersin- bersin, pilek, ataupun gatal-gatal dapat menyebabkan tidur kamu terganggu, dan hal itu mungkin dikarenakan tempat tidur kamu yang seiring dengan waktu akan dipenuhi dengan debu, kutu dan segala macam penyebab alergi lainnya.

Tips: Bersihkanlah tempat tidur Anda dalam jangka waktu tertentu secara teratur.


Nah, itu tadi 10 Cara Mengatasi Insomnia untuk kamu kamu para PantengMania, eitsss.. Siapa yang baca konten ini tengah malam? hayoo tidur buruan. Lawan Insomnia yukkk! Semangat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar