Recent Posts

Contributors

Jerawat Di Punggung? Kok Bisa? Ini Penyebabnya!

Kata siapa jerawat hanya hadir di wajah saja? nyatanya jerawat juga dapat hadir di bagian punggung kita. Jerawat termasuk jenis gangguan kulit yang bisa menyerang siapa saja. Sejauh ini, belum ada satu manusia pun yang tidak pernah terserang jerawat meskipun itu hanya sekali.



 Jerawat pada umumnya timbul di permukaan kulit wajah, tetapi untuk artikel yang satu ini pantengin akan membahas penyebab jerawat yang timbul di bagian punggung. Apa penyebabnya? Simak infonya berikut ini :

- Gangguan Hormonal Jerawat di punggung dapat disebabkan oleh adanya gangguan hormonal. Gangguan hormonal ini tidak mengenal pria atau wanita. Hal ini disebabkan karena adanya ekskresi hormon androgen yang berlebihan sehingga menstimulasi munculnya jerawat di punggung. 

- Penyumbatan Pori-Pori Kulit Jerawat pada punggung pada umumnya diderita oleh kaum pria. Hal ini dikarenakan pria memang memiliki kelenjar keringat yang memproduksi keringat jauh lebih banyak dari pada produksi keringat pada wanita. Keringat yang diproduksi ini, secara normal akan mencari pintu keluar untuk menguap melalui pori-pori kulit kita. Ketika pori-pori kulit tersumbat, kandungan minyak tersebut akan menumpuk di dasar pori-pori dan semakin lama akan berkembang menjadi jerawat. Kondisi kulit punggung yang sering tertutup rapat memberikan pengaruh besar terhadap pori-pori. Pori-pori akan lebih sering tertutup baju yang ketat dan lembab, yang diiringi pula dengan produksi keringat yang berlebih. Belum lagi ditambah kebiasaan penggunaan tas punggung yang sangat rapat membuat keringat tidak dapat menguap dengan bebas. 

- Bakteri Bakteri sangat mudah berkembang di tempat yang gelap dan lembab. Di area tubuh kita, ada banyak tempat seperti itu, salah satunya di daerah punggung. Kerapatan pada punggung ini, membuatnya tidak terlalu mampu mengeluarkan suhu tubuh dengan sempurna sehingga menstimulasi produksi keringat berlebih. Baju yang lepek oleh keringat dapat menyebabkan bakteri sangat senang berlama-lama di situ. Dan jika bakteri sudah nyaman di punggung Anda, mereka akan berkembang biak di antara kelenjar sebasea dan memicu timbulnya jerawat di punggung. 

- Kurang Menjaga Kebersihan Cara menghilangkan jerawat yang paling penting adalah dengan membersihkan area jerawat tersebut. Begitu pula dengan membersihkan punggung, yang seringkali pula dilupakan ketika mandi.
Mereka menganggap punggung akan bersih dengan sendirinya dengan guyuran air. Padahal seharusnya punggung sangat digosok dengan ringan saat mandi. Untuk apa? Untuk mengangkat sel kulit mati yang secara periodik memang muncul dari kulit kita. Sel kulit mati yang tidak terangkat keseluruhan ini, nantinya akan menempel pada pori-pori dan menyumbat pori-pori kulit. Jika terjadi dalam waktu yang cukup lama maka dapat memicu munculnya jerawat di punggung.



Faktor Lain Penyebab Jerawat Di Punggung
Elastisitas dari jenis kulit punggung manusia memang berbeda atau lebih tebal dibanding kulit wajah. Hal ini sering kali dijadikan alasan penyebab timbulnya jerawat di punggung. Padahal kulit punggung yang sudah sejak lahir seperti itu sama sekali tidak bisa disalahkan.

Inti dari penyebab jerawat dipunggung ini adalah kurangnya kesadaran akan kebersihan. Apalagi para pria yang sering meremehkan masalah kebersihan kulit, namun banyak melakukan aktivitas fisik. Maka dari itu, harusnya kita sadar betapa pentingnya membersihkan seluruh bagian tubuh, terutama bagian punggung yang selalu tertutup dan sulit dijangkau ini. Jangan malas menggunakan busa untuk menggosok punggung agar seluruh sel kulit mati dapat terangkat dan mencegah terjadinya jerawat di punggung dan juga bagian tubuh lain.