Recent Posts

Contributors

7 Fakta Menarik & Sehat Tentang Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah lama dikenal sebagai bahan kesehatan herbal pada beberapa penyakit umum. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki potensi jauh lebih besar selain hanya digunakan sebagai minuman hangat atau campuran pada cokctail.

Fakta-fakta kesehatan jeruk nipis yang bisa dipetik ternyata melimpah. Seiring dengan semakin populernya pendekatan kesehatan alamiah di budaya masyarakat dunia hari ini, jeruk nipis kemungkinan akan mengalami peran meningkat pada rekomendasi perawatan kesehatan yang disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan.




Bahkan saat ini, para ilmuwan tengah meneliti cara-cara agar bisa menggabungkan manfaat jeruk nipis ke dalam obat-obatan modern serta formula herbal. Nah, apa saja fakta-fakta kesehatan jeruk nipis tersebut?


Solusi Anemia Sel Sabit
Anemia sel sabit adalah sebuah masalah kesehatan yang menyebabkan tulang sumsum memproduksi sel darah merah yang berbentuk bulan sabit. Penyakit ini bisa menyebabkan keletihan yang sangat serta periode-periode yang penuh rasa sakit, dinamai krisis.
Krisis bisa menyebabkan rasa sakit yang parah pada area-area seperti dada, persendian, atau punggung bagian bawah. Sebuah studi mengungkap bahwa mengkonsumsi jus jeruk nipis bisa mengurangi parahnya rasa sakit yang disebabkan oleh anemia sel sabit pada anak-anak.

Menjaga Kesehatan Jantung
Antioksidan menjaga agar arteri tetap sehat. Sedangkan, arteri yang sehat sangat penting untuk membawa pembuluh darah dari jantung Anda ke seluruh organ di tubuh Anda. Sebuah studi yang dilakukan pada kelinci mengungkapkan temuan-temuan menarik.
Kulit dan air perasan jeruk nipis mengandung antioksidan yang bsia memperlambat proses aterogenesis, proses pembentukan plak pada dinding-dinding arteri. Anda bisa mencoba mengkonsumsi lebih banyak air jeruk baik melalui campuran masakan atau pun hanya dipadukan air untuk minuman agar bisa mendapatkan manfaat ini.

Jeruk Purut Perangi Bakteri Berbahaya
Studi yang sama juga menemukan bahwa jeruk purut, varian jeruk-jerukan berukuran lebih kecil dan berkulit bergeronjal yang sering kita jadikan penyedap pada sambal, ternyata bisa melawan bakteri-bakteri jahat. Sebuah tipe bakteri spesifik yang dilawan oleh jeruk purut adalah bakteri E.coli yang bisa mengakibatkan keracunan makanan.

Melawan Jerawat Pada Kulit
Properti anti-bakteri yang ditemukan pada jeruk purut ternyata memiliki fungsi lain juga yang bisa berfungsi pada kulit kita. Pada sebuah penelitian yang dilangsungkan di tahun 2014, ilmuwan menemukan bahwa minyak sari dari jeruk purut bisa melawan bakteri penyebab jerawat.
Minyak ini juga mengurangi resiko bekas jerawat serta membantu menyembuhkan bekas yang telah terjadi karena jerawat. Obat alamiah ini adalah sebuah pilihan yang patut dicoba jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Melawan Kolera
Tak hanya mampu melawan jerawat, jeruk nipis juga bisa melawan kolera, berdasar pada sebuah studi. Bakteri yang bisa menyebabkan kolera seringkali menyebar melalui makanan. Di Afrika Barat, dimana wabah kolera terjadi akhir-akhir ini, para ilmuwan menemukan bahwa memberi jeruk nipis dicampur nasi pada orang-orang yang terserang wabah tersebut bisa membunuh bakteri berbahaya itu.

Bahan Parfum
Kulit yang ditinggalkan setelah memeras jeruk nipis ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan membuat minyak murni yang hebat. Minyak ini bisa digunakan dalam berbagai cara, seperti memberi rasa dan bau alami pada makanan dan menambahkan wangi pada berbagai produk parfum.

Sumber Vitamin dan Mineral
Mirip dengan buah-buahan lain yang masuk dalam bangsa citrus, jeruk nipis menawarkan sejumlah besar kandungan vitamin dan mineral, termasuk potasium. Potasium adalah senyawa yang penting untuk menjaga fungsi syaraf dan level tekanan darah yang sehat. Buah ini juga memiliki antioksidan dan bioflavonoid yang dipercaya ilmuwan bisa mengurangi resiko terjadinya kanker.

Kita mengenal banyak cara untuk memanfaatkan jeruk nipis, limau dan purut ini, baik dengan menjadikannya minuman maupun menambahkannya sebagai bahan makanan. Setelah mengetahui fakta-fakta sehat jeruk nipis ini, tentunya kita akan lebih bersemangat mengkonsumsi si segar yang banyak manfaat ini.