Recent Posts

Contributors

10 Hal Penyebab Bisnis Online Anda Gagal

Internet memang merupakan tempat yang menakjubkan, bukan? Anda bisa melakukan apa saja di sana, mulai dari bertemu orang-orang baru dari berbagai belahan dunia, hingga berbisnis secara online.



Hal terakhir ini adalah penyebab kenapa banyak orang sangat menyukainya. Sudah tak terhitung berapa banyak blogger dan pengusaha yang mencoba berbisnis online, tergoda dengan keuntungan besar yang bisa diraih.

Namun yang namanya bisnis, selalu saja ada jatuh bangunnya. Anda memang akan sering mendengar kisah sukses pengusaha online, namun tak terhitung pula yang bisnisnya kandas di tengah jalan atau bahkan sebelum memulai.

Sebelum Anda mengalami kegagalan yang sama, kenali 10 penyebab utama kenapa bisnis online biasanya gagal:

1. Tidak ada perencanaan
Meski di dunia maya, bisnis tetap memerlukan perencanaan yang matang. Anda tidak bisa langsung begitu saja memulai tanpa adanya rencana jangka pendek dan panjang, serta analisa dalam soal modal, strategi, dan pasar.

2. Pengetahuan yang kurang
Banyak pengusaha online yang tergoda dengan keuntungan besar, dan langsung terjun tanpa mengetahui apa saja strategi yang diperlukan, resiko yang mungkin terjadi, bahkan tak tahu persis apa yang sebenarnya mereka lakukan. kalau Anda hendak berbisnis, atasi ini dengan mengambil kursus marketing atau manajemen bisnis.

3. Kurangnya modal
Seringkali dibilang bahwa bisnis online itu hanya bermodalkan dengkul saja. Padahal kenyataannya, Anda tetap harus punya minimal komputer dan sambungan internet yang baik. Belum lagi biaya untuk promosi, belajar, maintenance website, dll. Baik modal materil atau non-materil, Anda tetap membutuhkannya.

4. Kurang inovatif
Lantaran banyaknya kompetitor, Anda harus pandai-pandai memutar otak supaya bisa tetap bertahan di dunia ini. Bisa dengan mencari angle unik dari produk, mentarget demografik yang jarang dipilih, dan menghadirkan produk atau jasa yang baru.

5. Ekspektasi terlalu tinggi
Buang jauh-jauh target yang terlalu tinggi ketika Anda baru memulai. Tidak salah untuk terus memimpikan hal yang besar, tetapi bersikaplah realistis. Anda adalah anak baru, tanpa pengalaman banyak. Anda harus membuat target yang lebih rendah, baru dari situ beranjak naik.

6. Terlalu pasif dalam promosi atau terlalu aktif
Promosi adalah kunci dari awareness pengguna dunia maya terhadap bisnis Anda. Kalau Anda terlalu malu, tidak tahu strategi promosi yang bagus, atau kurang bisa memanfaatkan platform yang ada, maka bisnis Anda pun akan sulit berkembang. Demikian juga sebaliknya, promosi yang terlalu over justru membuat Anda terlihat seperti spammer, yang justru akan membuat nama bisnis jadi tercoreng. Moderasi adalah kuncinya.

7. Niche yang terlalu sulit
Dalam bisnis di internet, mencari pasar yang niche dengan spesifikasi tersendiri lebih memungkinkan Anda mendapatkan hasil. Namun hal ini bisa jadi bencana jika ternyata produk yang Anda jual tidak ada pasarnya.

8. Tidak tahu apa yang dibutuhkan konsumen
Masih terkait dengan hal di atas, bisnis Anda tidak akan bertahan lama jika produk atau jasa yang ditawarkan bukanlah sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen atau pasar yang Anda incar. Lakukan analisa pasar dan survei terlebih dahulu.

9. Malas untuk belajar
Anda akan menemui banyak strategi pemasaran baru ketika Anda terjun ke dunia ini. Kalau Anda tidak memanfaatkannya untuk belajar, terutama dari para pengusaha sukses, maka bisnis tak akan bertahan lama.

10. Kurang komitmen
Pada dasarnya, seperti semua bisnis lain, bisnis secara online pun membutuhkan dedikasi, konsistensi, dan terus berkomitmen memelihara dan mengembangkannya. Tanpa komitmen, bisnis akan berhenti di tengah jalan.