Recent Posts

Contributors

Mitos - Mitos Makhluk Halus Menurut Cerita Suku Dayak

Keberagaman adat dan istiadat di Indonesia pasti memiliki mitos-mitos tersendiri. Mitos sering sekali di kaitkan oleh hal-hal mistis. Banyak sekali dari masyarakat Indonesia pada umumnya begitu mempercayai sebuah mitos. Entah mitos ini benar atau tidak, namun mitos seakan-akan telah menjadi sesuatu yang harus di percayai . Walaupun mulut mengatakan bahwa mitos hanyalah sebuah cerita belaka akan tetapi tak dapat di pungkiri bahwa gejolak hati mengatakan mitos adalah hal yang pernah terjadi pada masanya.

Berbicara mitos makhluk halus, Indonesia begitu familiar dengan mitos Nyai Roro Kidul, ratu pantai selatan. Saya adalah termasuk salah satu orang yang mempercayai keberadaan mitos tersebut bahwa mitos itu benar adanya. Di suku Dayak kami pun, banyak terdapat mitos-mitos serupa , entah ini merupakan dogeng sebelum tidur atau ini memang adalah nyata tapi menurut banyak orang dayak khususnya dayak ma'anyan mengakui keberadaan makhluk halus ini sebagai mitos yang nyata. Mungkin anda adalah salah satu orang yang tidak mengetahui jenis mahkluk ini, karena ini adalah mitos dari cerita suku dayak, daripada penasaran , berikut adalah Mitos Mahluk Halus Menurut Cerita Suku Dayak :

Kariyau
Konon ceritanya makhluk halus ini adalah mahluk yang tinggalnya di hutan. Makhluk halus ini adalah makhluk yang sangat jahil, dia suka membuat orang lain kebingungan ketika berada di hutan sehingga tersesat dan sulit menemukan arah untuk jalan pulang. Tapi , makhluk ini hanya iseng dan tidak berbahaya, setelah dia bermain-main dengan orang tersebut, dia akan melepaskan orang itu dan di perkampungan terdekat namun dalam keadaan linglung dan kosong pikiran. Jika anda pernah menonton film yang aktornya tersesat di hutan yang ketika menelurusi jalan , ternyata dia kembali-kambali ke tempat semula, nah seperti inilah bentuk kejahilan Kariyau.

Bajat
Konon ceritanya bajat adalah makhluk jadi-jadiaan yaitu makhluk yang berbentuk binatang, entah itu manusia yang menjadi bentuk binatang atau setan-setan yang berbentuk binatang. Tapi pada umumnya sih, bajat adalah bentuk pesugihan gitu. Indonesia mungkin familiar dengan babi ngepet, nah babi ngepet juga bisa di masukan dalam kategori Bajat, beda nya dalam cerita kami bajat lebih umum berbentuk seperti kerbau dan buaya.

Alah Datu
Sudah bukan umum lagi bahwa kalimantan kaya akan hutan dan bukan berarti kalimantan isinya hutan melulu ada juga kota metropolitanya seperti balikpapan, samarinda, pontianak, palangkaraya, banjarmasin dll. Konon ceritanya Alah datu adalah makluk halus yang suka mendiami hutan yang lebat. Dia menjaga hutan dai gangguan-gangguan ulah manusia. Menurut cerita Alah datu itu memiliki tubuh yang sangat berat melebihi berat Big Show di WWE, namun walaupun berat, Alah datu masih bisa hinggap dari pohon ke pohon dengan cekatan dan lincah. Kedatangan Alah datu identik dengan suara dentuman benda jatuh yang berat dari atas pohon, namun tidak dapat di lihat kasat mata oleh orang biasa. Alah Datu tidak berbahaya dia hanya akan muncul bila terganggu oleh ulah manusia, dan hanya sekedar menakut-nakuti saja.

Kuyang
Nah, untuk makhluk halus satu ini, pasti sangat familiar di dengar oleh telinga kita, entah kalian menyebutnya sebagai apa tapi yang saya tahu ada yang menyebutnya Leak. Konon ceritanya Kuyang adalah makhlus halus yang menggunakan tubuh manusia yang hidup sebagai inangnya. Di gambarkan bahwa kuyang adalah secara fisik menyerupai wanita , bedanya adalah kuyang tergambar terbang hanya dengan kepala saja dengan uraian organ tubuh tanpa sebuah tubuh yang membalutnya, karena tubuhnya di tinggal oleh kuyang ini.

Kuyang ini adalah mitos yang paling saya takuti ( dulu), karena kuyang selain tubuh yang menyeramkan juga dapat melukai orang lain dengan menghisap darah korban. Biasanya kuyang datang ketika ada yang melahirkan ataupun ketika ada yang terluka, karena kuyang mencium bau darah. Dia menghisap secara gaib dan setelah itu akan ada bekas yang menandakan telah dihisap darahnya. Konon ceritnya kuyang takut melihat dirinya sendiri oleh karena itu untuk menangkalnya sediakan cermin yang menghadap ke atas dekat kamar yang berpotensi akan di datangi kuyang dan juga baskom yang berisi air.

Itulah Mitos Mahluk Halus Menurut Cerita Suku Dayak, Percaya atau tidak itu tergantung dari setiap pribadi yang menaggapinya.