Recent Posts

Contributors

Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil

Perlu Anda ketahui merawat mobil tidak bisa dikatakan mudah karena jika Anda meremehkan, kendaraan tersebut akan ngadat seketika. Sebenarnya, jika Anda membicarakan tentang perawatan mesin mobil tidak harus melulu pergi ke bengkel. Ada beberapa cara merawat mobil yang bisa Anda lakukan agar mobil terhindar dari kerusakan. Perawatan ini cukup mudah dan kebanyakan orang pasti bisa melakukannya. Jadi selain menghemat biaya, Anda juga dituntut untuk lebih mengerti seluk beluk mobil kesayangan Anda. Ingin tahu? Simak informasi berikut ini.


Mengganti Oli Secara Rutin
Tips perawatan mesin mobil yang pertama adalah mengganti oli secara rutin. Oli adalah pelumas yang sangat dibutuhkan oleh mesin mobil. Mesin mobil akan menunjukkan performa terbaik saat olinya juga dalam keadaan bersih. Gesekan-gesekan mobil akan terdengar halus dan mobil akan terhindar dari suara bising. Sebaiknya, Anda mengganti pelumas tersebut saat mobil menempuh jarak 5000 km. Saat Anda melakukan perawatan dengan benar, pastilah mobil Anda akan terhindar dari kerusakan.
Mengecek Starter Mobil
Salah satu tips perawatan mesin mobil yang paling gampang Anda lakukan adalah mengecek starter mobil. Ketika bisa menghidupkan starter dengan mudah, maka mobil kesayangan Anda dalam keadaan baik-baik saja. Sebaliknya, saat mobil sulit di starter atau bahkan tidak bisa distarter, itu tandanya mobil Anda mengalami gangguan pada sistem karburator. Jika karburator Anda sudah kotor, Anda bisa membersihkannya dengan kuas atau sikat gigi. Sebelum itu, pastikan Anda sudah mencabut kabel filternya. Ketika cara tersebut sudah tak mempan untuk mobil Anda, maka Anda harus segera membawanya ke bengkel kepercayaan Anda.
Memeriksa Radiator Mobil
Tips perawatan mesin mobil selanjutnya adalah memeriksa radiator mobil. Anda pasti tahu jika radiator tersebut berfungsi sebagai pengontrol panas pada mesin mobil. Tentunya Anda tak inginkan mesin Anda cepat panas hanya gara-gara radiator Anda mengalami gangguan? Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti memeriksa kebocoran radiator, mengganti air radiator, dan menguras air radiator tersebut. Anda tak bisa menguras air sembarangan karena air radiator hanya bisa dikuras setelah Anda menempuh perjalanan sekitar 10.000 km. Beberapa hal tersebut perlu Anda perhatikan baik-baik supaya mesin Anda tetap dalam keadaan dingin.
Menarik Gas dengan Kuat
Mungkin salah satu tips perawatan mesin mobil ini tak bisa Anda lakukan secara rutin seperti tips-tips yang lain. Menarik gas dengan kuat adalah cara untuk menghilangkan kerak pada mesin mobil Anda. Dengan berkurangnya kerak, maka proses pembakaran mobil akan berlangsung lancar tanpa hambatan. Namun, Anda tak bisa sering melakukannya karena dapat merusak mesin mobil. Setelah Anda mengetahui cara merawat mesin mobil di atas, Anda hanya perlu mempraktekannya supaya mobil tetap awet dalam waktu yang lama.