Recent Posts

Contributors

Manfaat Dari Tanaman Ruellia Tuberosa

Ruellia Tuberosa ? Tanaman seperti apa ya? Didengarnya memang asing, namun siapa sangka tanaman yang satu ini justru banyak dijumpai di negri kita ini. Bukan hanya itu saja, tanaman ini memiliki fenomena keunikan tersendiri bagi kita yang mengalaminya di masa kecil, kenapa? karena bijinya yang sering dibuat mainan anak-anak. 

By: tanamanpedia


Kita biasa mengenal tanaman ini dengan sebutan tanaman pletekan, pethekan, pletikan atau ceplikan. Kenapa? karena bijinya yang sering dijadikan mainan anak-anak dengan cara membasahinya dan kemudian biji dari tanaman itu akan meletek dengan sendirinya. Dalam bahasa inggrisnya tanaman ini dikenal dengan sebutan Minnie root, fever root dan snapdragon root.



Tanaman ini termasuk salah salah satu anggota keluarga Acanthaceae yang berasal dari Amerika Tengah. Akan tetapi pada masa sekarang tanaman ini sudah tersebar luas di daerah Asia, termasuk Indonesia salah satunya. Siapa sangka tanaman yang bijinya sering dibuat mainan anak-anak ini ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi penyembuhan penyakit manusia.

Dalam tanaman ini terkandung zat-zat seperti : Alkaloid, triperpenoid/steroid, flavonoid, fenolik, saponin, kumarin, zat warna kuinon. Sedangkan akarnya mengandung apigenin serta luteolin. Minyak biji tanaman ini mengandung miristat, capril dan asam laurat.

Diantara banyak penyakit, daun Ruellia tuberosa ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes.


Caranya:
- Ambil daun Ruellia tuberosa secukupnya
- Cuci daun tersebut sampai bersih
- Rebus daun yang sudah dicuci bersih dengan 1-2 gelas air minum
- Setelah mendidih saring airnya dan buang ampasnya.
- Air siap diminum untuk penyembuhan penyakit diabetes.
- Sebaiknya diminum sehari dua kali, sehabis sarapan dan sebelum maghrib.

Semoga bermanfaat dan tetap sehat ;)