Recent Posts

Contributors

Khasiat Dari Buah Belimbing

Buah Belimbing yang ketika matang berwarna kuning juga memiliki bentuk yang agak unik dibanding buah lainnya. Kalau dilihat secara utuh memang tak begitu nampak, namun ketika dipotong secara horizontal ternyata buah ini memiliki bentuk layaknya bintang. Tak hayal dalam bahasa inggris pun buah ini diberi nama “Starfruit”.



Di samping memiliki bentuk yang unik, buah yang tumbuh subur di dataran Indonesia ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat belimbing untuk kesehatan, di antaranya:
  1. Belimbing bermanfaat sebagai obat rumahan, seperti batuk, demam, bisul dan sakit tenggorokan serta efektif untuk memerangi diabetes. Daun belimbing juga bisa digunakan untuk mengobati sakit maag, radang kulit berisi nanah dan bisul. Bunga dari buah belimbing ini lah yang digunakan untuk mengobati batuk pada anak-anak.
  2. Dengan hanya 30 kalori per buah ditambah dengan banyak serat, belimbing dan markisa adalah pilihan yang cocok untuk siapapun yang mencoba untuk menurunkan berat badan, karena buah ini menyediakan 3% dari kebutuhan harian untuk karbohidrat dan 10% untuk kebutuhan harian serat makanan.
  3. Selain vitamin A, B dan C, yang membantu menjaga metabolisme tubuh yang stabil dan kuat, belimbing juga memiliki vitamin, riboflavin, dan niasin dalam konsentrasi yang sangat kecil. Ini adalah sumber yang baik dari vitamin B9 (asam folat), yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dan juga mengandung vitamin C dan vitamin B5.
  4. Buah ajaib ini diberikan kepada ibu menyusui untuk merangsang aliran air susu ibu. Rebusan akar dan daun ini juga dapat menyembuhkan sakit kepala, kurap, dan cacar air. Untuk mengobati mual dan gangguan pencernaan, makanlah setengah potong buah dan ulangi setelah 3 jam.
  5. Manfaat buah ini juga bisa digunakan untuk rambut, bagi Anda yang memiliki keluhan rambut rontok perbanyaklah makan buah ini, karena belimbing memiliki banyak vitamin C, B-kompleks dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan rambut Anda.
  6. Masalah jerawat dan kulit berminyak pun bisa diatasi dengan buah ini, caranya dengan membuat masker wajah dengan buah ini, serta dapat menunda proses penuaan kulit Anda.



Bagaimana? Begitu banyak manfaat dari buah belimbing ini kan? semoga artikel diatas bermanfaat buat pantengmania