Recent Posts

STATISTIK

7 Fenomena Alam Yang Unik Di Dunia

Ada beberapa fenomena alam yang Unik di Dunia ini, sebagian besar kalian mungkin belum mendengar dan mengetahuinya. Beberapa fenomena alam ini terlihat sangat khas dan terkadang sangat jarang ditemukan, mungkin juga terlihat unik atau bahkan menakjubkan.

Peristiwa Alam terbentuk dengan cara, aturan dan karakteristik yang mengherankan. Fenomena alam yang terjadi alami dapat membangkitkan rasa heran, indah, takut sekaligus takjub dan mengingatkan kita untuk lebih mengerti tentang alam dunia.

Tidak ada keraguan bahwa alam sangat menakjubkan dan sangat mempengaruhi makhluk hidup di muka bumi. Namun Alam sesungguhnya sedang memainkan perannya dengan kebijakan, atribut dan prosesnya tersendiri. Berikut adalah 7 Fenomena Alam yang Unik di Dunia.

1. Bunga Es (Frost Flower)

Temperatur yang dingin memungkinkan pembentukan formasi yang disebut bunga es (Frost Flower) dan ini dapat ditemukan di danau atau laut. Bunga-bunga es tumbuh bermunculan selama musim yang dingin dengan kondisi yang tenang, salinitas yang sangat tinggi dan perpaduan terkonsentrasi dari unsur yang terdapat dari air. Hal ini terjadi ketika suasana lebih dingin dan formasi bunga es biasanya dapat ditemukan di Kutub Utara.

2. Pelangi Api (Fire Rainbows)


Yang disebut pelangi api atau Fire Rainbows ini tidak benar-benar terbentuk dari api dan bahkan itu sebenarnya bukan pelangi yang biasanya berbentuk seperti busur. Ini sebenarnya awan dengan warna-warni seperti pelangi yang disebabkan oleh tetesan air dengan ukuran seragam, ringan dan memisahkannya ke dalam panjang gelombang atau warna yang berbeda. Fenomena ini biasanya terjadi pada awan yang baru terbentuk.


3. Pelangi Kabut (fogbow)




Sebuah pelangi dapat terbentuk dari pantulan, refraksi, dan cahaya dalam tetesan air yang dibawa oleh berbagai bentuk perpaduan air dan udara. Ketika tetesan air tidak dari bentuk yang biasa, maka dapat membentuk sebuah pelangi dari kabut atau kabut yang membentuk busur seperti busur pelangi. Mirip dengan pelangi, busur kabut ini memiliki warna yang khas.


4. Formasi Awan








Ada banyak bentuk formasi awan yang unik di bumi ini. Contohnya awan mammatus dan bentuk awan seperti ini kadang-kadang terlihat setelah badai. Bentuk awan berkantung bulat adalah hasil dari udara dengan konsentrasi tinggi dari partikel curah hujan seperti kristal es dan tetesan air.




5. Pilar Cahaya (Light pillars)


Ada pertunjukan cahaya yang membentuk seperti pilar-pilar yang menakjubkan dan spektakuler. Ini dapat terjadi pada perpaduan awan dan cuaca dingin. Kolom cahaya pilar menjulang ke atas langit terbentuk dengan bantuan dari kristal es. Kristal ini memantulkan cahaya kembali ke bawah dan dengan demikian terbentuklah pilar cahaya.

6. Lubang Awan (Skypunch)

Skypunch atau lebih dikenal sebagai Lubang awan adalah lingkaran atau elips yang besar, dapat muncul dalam formasi awan cirrocumulus atau altocumulus. Lubang awan di langit ini disebabkan oleh tetesan air yang dingin, tetapi seperti menolak untuk membeku. Beberapa tetesan dalam kelompok air dicairkan kemudian meninggalkan lubang dengan lingkaran besar di awan.

7. Supercells

Berdasarkan nama, supercells terdengar seperti sesuatu yang besar. Sebuah supercell adalah badai yang ditandai dengan adanya mesocyclone. Jenis badai ini adalah yang paling langka tetapi yang paling parah dari semua badai dan dapat dikenali dengan mudah, terlihat dari rotasi dengan skala yang besar.