Recent Posts

Contributors

5 Tips Olahraga Saat Bulan Ramadhan

Olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kita tetap fit dan sehat. Tapi banyak orang yang suka meninggalkan olahraga ketika berpuasa. Wajar saja, sebab ketika berolahraga kita akan cepat haus sedangkan minum tidak diperbolehkan ketika menjalankan ibadah puasa. 




Tapi bagi anda yang ingin tetap menjaga kebugaran tubuh anda dengan tetap berolahraga ketika puasa. Kami mempunyai beberapa tips olahraga di ketika puasa, terutama di Bulan Ramadhan.

Berikut 5 tips sehat berolahraga selama bulan ramadhan:

 Sesuaikan jenis olahraga

Ketika puasa tubuh menjadi lebih cepat lelah. Oleh sebab itu, disarankan agar anda tidak berolahraga yang berat seperti sepak bola, basket atau voli. Cukup olahraga ringan saja seperti senam lantai, atau stretching. Penyesuaian jenis olahraga merupakan tips utama sehat berolahraga di bulan Ramadhan. 
 
 Mengonsumsi protein yang banyak

Saat berpuasa, usahakan untuk mengkonsumsi protein dalam jumlah banyak bila anda ingin berolahraga secara rutin. Sebab protein merupakan kandungan makanan yang lambat siderap dan diolah oleh tubuh. Konsumsi protein dalam jumlah banyak ketika berbuka dan sahut akan membuat anda tidak cepat lelah ketika olahraga. 

 Konsumsi karbohidrat saat sahur

Ketika berpuasa, waktu sahur adalah waktu yang paling penting untuk diperhatikan bila anda ingin berolahraga. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak sebagai sumber energi ketika berolahraga di saat puasa. 

 Perhatikan waktu olahraga

Selain jenis olahraga dan makanan yang dikonsumsi, hal lain yang penting diperhatikan adalah waktu berolahraga. Jangan olahraga di waktu siang hari. Pilihlah waktu olahraga yang tepat, lebih baik menjelang berbuka. 

 Penuhi cairan tubuh

Selalu jaga cairan tubuh anda agar tidak terkena dehidrasi ketika berpuasa. Perbanyak minum air putih ketika sahur dan buka puasa. Hal itu akan membantu anda tetap fit ketika berolahraga.