Recent Posts

Contributors

5 Hal Yang Mengganggu Konsentrasi Saat Bekerja

Saat pekerjaan menumpuk atau sudah dekat dengan deadline sementara masih banyak hal yang belum terselesaikan kita membutuhkan konsentrasi supaya pekerjaan yang sedang kita kerjakan bisa selesai tepat waktu dan hasil yang baik. Tapi banyak orang sulit memusatkan perhatian karena terlalu banyak hal yang mengganggu.



Berikut ini adalah hal-hal yang jika berhasil dieliminasi dapat meningkatkan konsentrasi anda:

1. Sosial media
sosial media seperti messenger, facebook dan twitter memudahkan kita untuk bersosialisasi. Dengan hitungan detik kita sudah bisa terhubung dengan teman-teman, melihat aktifitas mereka dan berinteraksi. Status orang terdekat yang anda lihat disela-sela waktu kerja bisa membuat pikiran terpecah.
Untuk mengatasinya sebaiknya gunakan sosial media dalam batas yang wajar dan hanya diwaktu-waktu istirahat saja. Hindari membuka browser di laptop dan handphone untuk membuka social media pada waktu kerja terutama saat anda membutuhkan konsentrasi tinggi.

2. Handphone
Suara sms, messenger, peringatan atau ringtone akan mengalihkan perhatian anda dengan cepat. Membalas pesan dan menjawab telepon beberapa menit saja kadang sudah bisa mengacaukan konsentrasi. Kalau pekerjaan anda tidak terlalu banyak berkomunikasi menggunakan handphone sebaiknya kecilkan volumenya, putuskan dari jaringan internet dan jika perlu set suara ke mode diam atau matikan saja untuk sementara waktu.

3. Bosan
mengerjakan sesuatu yang berulang-ulang memang membosankan untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah yakni dengan berkomitmen berapa lama bekerja dan berapa lama istirahat. Misalnya untuk setiap 1 jam bekerja kita boleh istirahat selama 5-10 menit. Peregangan ringan juga kadang sering membantu mengatasi rasa bosan. Kalau memang sulit diatasi, setel musik favorit dengan volume rendah dan minum segelas teh hangat.


4. Stress
tekanan, dari manapun asalnya tidak hanya mengganggu pikiran tetapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh. Stres sering membuat sakit kepala, migrain, jantung berdetak cepat, sakit perut dan sulit beristirahat. Atasi stres dengan cara mempelajari tehnik-tehnik pengendalian stres. Berdoa, meditasi, olahraga, berbuat baik pada orang lain dan berlibur adalah beberapa cara yang efektif.


5. Lelah dan mengantuk
lelah dan mengantuk memang sulit diatasi kecuali dengan istirahat, tidur berkualitas obat yang ampuh untuk mengatasi ini. Kurang tidur selain menurunkan konsentrasi juga membuat energi menurun drastis dan menurunkan daya ingat.

Tidur yang cukup 6-8 jam setiap malam. Pada pagi atau siang hari tengarai biasanya jam berapa anda merasakan kondisi tubuh dalam keadaan puncak. Gunakan waktu itu untuk mengerjakan tugas-tugas penting.

Keseimbangan dalam hal apapun merupakan kunci pokok, istirahat, bekerja dan bersosialisasi semuannya penting dan memegang peranannya masing-masing tetapi anda harus pintar-pintar mengaturnya sehingga bisa memberikan manfaat maksimal untuk anda.