Recent Posts

Contributors

Mengapa Jika Tua Rambut Menjadi Putih?

Pada dasarnya rambut manusia terbentuk dari keratin, yaitu sel-sel protein pembentuk rambut. Di dalam keratin inilah terdapat folikel rambut yang berfungsi untuk memproduksi melanin atau pewarna pada rambut.




Melanin ini sebenarnya tidak hanya memproduksi satu jenis warna saja. Melanin itu terdiri dari dua jenis.

Pertama : EUMELANIN

Eumelanin yang bertugas memproduksi warna cokelat dan juga hitam.

Kedua : PHEOMELANON

Sedangkan pheomelanon yang bertugas memproduksi warna kuning dan merah.

Komposisi dari eumelanin dan pheomelanon inilah yang menghasilkan warna rambut yang unik, yang berlainan pada tiap-tiap orang. Melamin ini mempunyai jenjang waktu produktif, dengan bertambahnya usia manusia, produksi pigmen warna semakin melambat, bahkan terhambat, akibatnya adalah terbentuknya uban atau rambut putih.

Menurut para ilmuwan, kegagalan melanosit sel induk adalah penyebabnya. Sel-sel induk ini berhenti memproduksi jumlah yang memadai untuk melamin mengeluarkan pigmennya. Faktor lain selain usia adalah genetik. Gen tersebut mengatur proses pigmentasi pada melamin, dan sifatnya unik untuk tiap-tiap orang, artinya ada yang rambutnya cepat putih, ada juga yang lambat putih. Produksi hormon yang abnormal karena disebabkan oleh stress mendadak juga dapat menyebabkan distribusi melamin pada tubuh berjalan tidak normal, hasilnya rambut menjadi cepat berwarna putih.