Recent Posts

Contributors

10 Fakta Menarik Dibalik Film Interstellar

Film yang disebut-sebut sebagai film Sci-Fi terbaik ini berjudul "Interstellar" yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini bercerita tentang pencarian planet baru untuk keberlangsungan hidup manusia. Film ini dibintangi oleh Matthew McConaughey dan Anne Hathaway.


Kisah film "Interstellar" ini juga mengaitkan dengan teori fisika mengenai wormhole dan medan gravitasi dari teori Kip S Thorne. Maklum, Christopher Nolan memang terobsesi dengan teori tersebut.


Berikut 10 fakta menarik di balik film "Interstellar" :

1. Film ini terinspirasi dari film "2001: A Space Odyssey" (1968), sementara untuk kisah drama dalam film ini, Nolan terinspirasi dari  "The Treasure of Sierra Madre" (1948), "The Mirror" (1975), dan "The Right Stuff" (1983).

2. Untuk dapat merasakan suasana dan inspirasi kehidupan saat perjalanan di ruang angkasa, Nolan mengundang mantan astronot Marsha Ivins ke lokasi syuting.

3. Dalam naskah awal, karakter Murph digambarkan sebagai seorang anak laki-laki.

4. Pada 2006, film ini direncanakan akan disutradarai oleh Steven Spielberg dan Jonathan Nolan sebagai penulis naskah. Namun, Steven memilik proyek-proyek film lain sebagai gantinya. Pada 2012, Jonathan Nolan menyarankan proyek film ini disutradarai saudaranya sendiri yakni Christopher Nolan.

5. Untuk adegan ladang jagung, Nolan berusaha untuk menanam jagung yang sebenarnya, yang ia pelajari saat memproduksi film garapannya "Man of Steel" (2013).

6. Bencana badai debu yang digambarkan sebagai bencana mematikan secara perlahan di film ini terinspirasi dari kisah nyata bencana bernama Dust Bowl di Amerika Serikat pada 1930-an. Awan debu raksasa yang diciptakan di lokasi syuting menggunakan kipas besar untuk meniup debu sintetis yang terbuat dari selulosa.

7. Black hole atau lubang hitam dalam film ini dirancang menggunakan perhitungan ilmiah dari teori fisika Kip Thorne yang digarap oleh tim efek visual dari Nolan. Kekuatan komputasi yang digunakan untuk menjalankan software pembuatan efek teori Kip Thorne itu sangat canggih, sehingga memungkinkan Thorne menggunakannya untuk melihat bagaimana kekuatan cahaya dekat cakrawala dalam black hole. Thorne berencana untuk mempublikasikan penelitian barunya di beberapa jurnal ilmiah.

8. Naskah film ini terutama tentang kisah perjalanan di ruang angkasa berdasarkan pada karya-karya fisikawan teroritis Kip Thorne. Dia menggambarkan sebuah cerita tentang ruang waktu yang melengkung atau bengkok, sebuah peristiwa paling eksotis di alam semesta yang tiba-tiba bisa diakses oleh manusia. Kip Thorne sendiri sempat ditawari untuk membintangi film ini sebagai cameo.

9. Kip Thorne yang merupakan produser eksekutif film ini juga memberikan ide-idenya dalam perjalanan worm hole ke Carl Sagan yang dituangkan dalam novel bertajuk "Contact" yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film pada 1997 dan juga dibintangi Matthew McConaughey.

10. Christopher Nolan menunjuk komposer musik Hans Zimmer dan memintanya untuk membuat aransemen musik yang unik di sepanjang film ini. Nolan tidak pernah memberikan naskah ataupun plot film untuk membuat musiknya. Ia hanya memberikan kisah film Interstellar.
LOV