Recent Posts

STATISTIK

Helm Unik Khusus Pemadam Kebakaran (C-Thru SDH)

Jika kita melihat kamera inframerah yang masuk ke Mercedes Benz untuk membantu mengemudi dalam kondisi yang buruk, itu udah biasa. Nah!! Teknologi yang satu ini khusus untuk orang-orang pemberani yang telah mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan orang lain. Yups, tepatnya untuk PARA PEMADAM KEBAKARAN.

Alat ini diberi nama C-Thru Smoke Diving Helmet. Omer Haciomeroglu adalah pencipta alat ini yang juga seorang produk desainer asal Istanbul, Turkey. 

Omer bersama Perusahaan di balik C-Thru helm menciptakan alat ini bertujuan untuk membantu mempermudah sang pemadam dalam menyelamatkan korban dari kobaran api. Jadi, sang pemadam tidak hanya fokus untuk memadamkan api, namun juga menyelamatkan (memindahkan korban yg terjebak) dari kobaran api. Perusahaan mengatakan, selama ini pemadam hanya melindungi dirinya dari asap kebakaran tersebut dengan peralatan dan taktik tradisional. Seperti merangkak di tanah (untuk menghindari kepadatan asap) sambil membawa peralatan genggam yang benar-benar berat dan itu sangat memperlambat proses.  

Penasaran seperti apa bentuknya??? Yuk pantengin foto-foto berikut :


 
Helm ini dirancang dengan memberikan kawat kerangka yang lebih bersahabat dari lingkungan interior yang akan memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk menghabiskan lebih banyak waktu menyelamatkan korban bukan membabi buta menavigasi lorong-lorong.


Para petugas pemadam kebakaran akan mampu mencapai menavigasi dengan Helm C-Thru mereka akan sangat meningkatkan efisiensi.

Sebuah gedung yang terbakar akan sangat bising. Ini mungkin kelemahan terbesar lain bagi para pemadam, karena tim pemadam kebakaran terus-menerus untuk tetap berhubungan (untuk alasan taktis dan untuk tidak dipisahkan). Helm ini menggunakan noise yang menekan teknologi untuk menghilangkan suara latar belakang yang kurang penting daripada sebuah [jeritan] korban atau kelemahan struktural (dalam gedung yang terbakar, dll).

Kamera termal optik menangkap pencitraan dari daerah sekitarnya dan mengirimkan data ke perangkat genggam pemimpin itu. Data tersebut dihitung di sana dan dikirim kembali ke helm. Sebuah kawat-frame data 3D baru yang dihasilkan ini kemudian diproyeksikan oleh proyektor di bagian mulut kepala melalui visor depan retro-reflektif helm.

Fungsi lain dari helm ini untuk pemetaan tim (akan memberikan keamanan masing-masing petugas pemadam kebakaran kepada bagian penting dan up to date).

Helm C-Thru juga kamera sport yang akan merekam semua para pemadam kebakaran. Ini menghilangkan dugaan selama laporan dan memberikan pandangan yang lebih baik untuk meningkatkan misi penyelamatan di masa depan.

Ini bukan ilmu roket, teknologi yang kita gunakan setiap hari tanpa menyadarinya. Helm ini sedang aktif dikembangkan.





Menurut Pantengman ini adalah salah satu penemuan terbaik yang bisa dimanfaatkan di mana saja di seluruh dunia. Bayangin man...berapa jumlah nyawa yang bisa terselamatkan ketika terjadi kebakaran (petugas pemadam kebakaran dan warga sipil) dengan bantuan teknologi yang keren ini.

Kira-kira kapan yah Helm ini ada di Indonesia???