Recent Posts

STATISTIK

Tips Hadapi Penumpang Kendaraan yang Mengganggu

Pernahkah Anda berpergian dengan pesawat atau kereta, lalu orang di samping Anda (yang tidak dikenal) terus mengajak bicara dan membuat risih? Ya, sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami kejadian tersebut.

 img
Dok. Thinkstock

 Ketika ingin santai dan menikmati perjalanan dengan tenang, tentu sangat tidak menyenangkan jika ada orang yang terus berbicara dan berisik di samping kita. Daripada kesal dan bersungut-sungut sendiri, simak beberapa tips yang dikutip dari All Women Stalk ini untuk menghindari 'gangguan' tersebut.

1. Jangan Pedulikan
Cara paling pertama yang bisa Anda lakukan, adalah tidak usah menghiraukannya. Saat orang tidak menggubris atau menanggapi omongannya, seseorang biasanya akan sadar kalau ia telah mengganggu orang tersebut dan berhenti mengajak bicara. Mungkin Anda menganggap cara ini agak kasar, tapi jika Anda sedang melalui perjalanan jauh dan lama, lalu orang di samping Anda itu terus saja 'berkicau', bisa dipastikan perjalanan tidak akan menyenangkan.

2. Jawab Seperlunya
Jika menurut Anda cara pertama terlalu jahat dan sinis, cukup balas omongan teman sebelah Anda itu seperlunya. Jangan berbicara yang bisa memancing dia bertanya atau semakin tertarik pada obrolan. Anda bisa menjawabnya dengan 'ya', 'tidak', 'oh', atau 'ah'. Setelah melakukannya, berharap saja dia akan bosan dan berhenti mengajak Anda bicara.

3. Bilang Terus Terang
Cara pertama dan kedua tak juga berhasil membuatnya berhenti mengganggu Anda? Maka tak ada cara lebih tepat, selain berbicara terus terang kalau Anda sedang tidak mood untuk mengobrol. Namun usahakan perkataan Anda tidak kasar atau menyinggungnya. Katakan Anda ingin istirahat, tidur atau suasana yang tenang. 'Pelarian' akan lebih mudah jika Anda membawa buku bacaan, smartphone, iPad atau pemutar musik.

4. Minta Bantuan
Jika 'si teman dadakan' ini tetap saja mengoceh, dan tindakannya sudah mulai mengganggu Anda bahkan orang lain, tak ada salahnya minta bantuan petugas untuk mengatasinya. Mungkin permasalahan akan sedikit serius. Tapi jika dia sudah menunjukkan gelagat tidak menyenangkan, bahkan mungkin sampai melontarkan kata-kata yang tidak baik, sudah saatnya Anda memanggil petugas yang berwenang. Setelah mendapat teguran dari petugas, dia pasti akan berpikir dua kali untuk mengganggu Anda lagi.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar