Recent Posts

Contributors

Cara Kenali Karakter Pasangan Soal Masalah Keuangan

Dalam suatu pernikahan, banyak masalah yang dapat memicu pasangan bertengkar. Salah satu masalah itu adalah soal masalah keuangan.

 img
Dok. Thinkstock

 Tidak sedikit pasangan yang baru saja menikah, terkaget-kaget ketika tahu bahwa istri mereka ternyata boros dalam menggunakan uang. Cukup banyak juga istri yang mengeluh suami mereka tidak sebaik ketika masih pacaran dalam masalah keuangan.

Masalah-masalah di atas dapat menyebabkan pertengkaran yang bisa saja akhirnya berujung pada perceraian. Anda tentu tidak mau bukan hal itu terjadi? Oleh karena itu, cobalah kenali sifat dan karakter pasangan soal bagaimana sudut pandang mereka dalam mengelola keuangan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Weddingku:

Bagaimana Pemikiran Mereka tentang Uang?
Banyak orang beranggapan bahwa uang dapat membawa dampak buruk dan banyak masalah timbul karena hal itu. Namun bagaimana pendapat pasangan Anda mengenai uang? Ada baiknya sebelum ataupun sesudah memulai suatu rumah tangga, Anda mengetahui apa pengertian uang bagi kehidupan pasangan Anda. Apakah uang segala-segalanya bagi mereka atau uang bukanlah hal yang mendominasi kehidupan mereka? Bila kita mengetahui pemikiran mereka tentang uang, dari situ Anda akan lebih mengenali sifat dan karakter pasangan.

Bagaimana Mereka Mengatur Pengeluaran Uang?
Masalah keuangan yang paling sering muncul dalam kehidupan rumah tangga adalah ketika kita mengetahui ternyata pasangan kita ternyata tidak bijak dalam mengatur pengeluaran uangnya. Kebanyakan merupakan sifat bawaan sewaktu belum menikah, hingga setelah beberapa bulan menjalani biduk rumah tangga, banyak pasangan justru terkejut dengan sifat satu sama lain.

Bicarakan hal ini dengan kepala dingin mengenai pengeluaran yang lebih penting dengan yang tidak begitu penting. Bila tidak diselesaikan di awal-awal pernikahan, maka hal ini akan menjadi bom waktu bagi kehidupan pernikahan Anda.

Bagaimana Mereka Menabung untuk Masa Depan?
Salah satu hal penting yang harus dipikirkan oleh pasangan menikah adalah bagaimana menabung penghasilan untuk masa depan kehidupan pernikahan. Dalam tahap ini kedua belah pihak harus mulai memikirkan kehidupan buah hati mereka, pendidikan yang memadai hingga tamat serta tabungan untuk hari tua. Mengenai hal ini, setiap pasangan harus saling menyamakan visi dan misi mengenai masa depan bersama. Sehingga dari sekarang Anda dan pasangan dapat mengatur keuangan bersama secara bijak dan dewasa.

Setelah saling mengerti mengenai sifat dan karakter pasangan Anda dalam masalah keuangan, tentunya Anda dan pasangan akan lebih mudah menjalani kehidupan rumah tangga, mengatasi setiap permasalahan yang dapat muncul sewaktu-waktu khususnya problematika keuangan yang dapat menjadi konflik antar Anda dan pasangan.

SUMBER