Recent Posts

Contributors

Perokok Disarankan Sering Makan Tomat

Tomat, meski kelihatannya sepele menyimpan segudang manfaat bagi kita. Coba makan satu buah setiap hari, Anda bakal terhindar dari stroke dan serangan jantung.



Temuan yang dipublikasikan Dailymail ini menyebutkan pigmen Lycopene yang memberikan warna merah pada tomat mengandung sifat anti pembekuan darah dan ditemukan dalam cairan kuning di sekitar biji tomat.



Menurut para ilmuwan, ketika para relawan mengonsumsi ekstrak tomat secara teratur tampak adanya penurunan partikel dalam darah penyebab kebekuan hingga 70 persen.

Diperkirakan substansi tomat mengurangi kelengketan platelet sehingga dapat mengalir dengan lancar melalui pembuluh darah. Dengan demikian mengurangi risiko penyumbatan penyebab penyakit stroke.

Penyumbatan darah disebabkan karena adanya penumpukan trombosit, dan kejadian ini telah memakan banyak korban setiap tahunnya.

Disamping itu, tomat juga sangat dianjurkan untuk mereka yang berisiko mengalami pembekuan darah seperti perokok, wanita yang menggunakan oral kontrasepsi, orang yang suka melakukan perjalanan jauh, pasien penyakit kronis dan wanita hamil.

Ahli gizi dari King's College, London tetap mengingatkan mereka yang memiliki risiko pembekuan darah dengan kasus parah sebaiknya juga menjalani pengobatan dan mengikuti saran dokter.

"Banyak orang yang berisiko tetapi tidak menyadari itu, sehingga mengonsumsi tomat secara teratur dianggap ide yang baik untuk mencegah sesuatu yang terlambat kita sadari," jelasnya. (tam)

Sumber