Recent Posts

Contributors

Gold Nanoparticles, Cara unik menyulap pohon menjadi lampu penerangan jalan.

Tak bisa dipungkiri, lampu jalan adalah bagian penting dari infrastruktur perkotaan. Khususnya dimalam hari, Lampu akan membuat jalan kita terang dan terasa aman.


Apalagi jika kita bisa menciptakan lampu jalan alami yang tidak memerlukan tenaga listrik untuk sumber energinya? Sungguh keuntungan ganda bagi kita jika hal itu dapat terjadi. Baru baru ini, sekelompok ilmuwan di Taiwan menemukan teknologi Gold Nanoparticles (nanopartikel emas) yang jika ditanamkan pada daun, dapat menyebabkan pohon tersebut mengeluarkan cahaya kemerahan yang amat terang. Ide untuk menggunakan pohon sebagai pengganti lampu jalan ini dirasa amat cerdas. Karena hal ini tidak hanya akan menghemat biaya listrik dan mengurangi emisi CO2, tetapi juga bisa mengurangi polusi cahaya dan udara di kota-kota besar.


Sebenarnya penemuan ini muncul tanpa sengaja ketika para ilmuwan sedang mencari cara untuk menciptakan efisiensi pencahayaan tinggi yang mirip dengan teknologi LED (Light Emitting Diode) namun tidak dilengkapi bahan kimia beracun seperti bubuk fosfor. 



Dengan menanamkan Nanopartikel emas ke dalam daun, para ilmuwan mampu menginduksi klorofil dalam daun untuk menghasilkan emisi merah. Di bawah panjang gelombang tinggi sinar ultraviolet, Nanopartikel emas mampu menghasilkan fluoresensi biru-violet untuk memicu keluarnya emisi merah di sekitar klorofil daun.



Dalam sebuah wawancara dengan Chemistry World. The Royal Society Kimia (organisasi terbesar bidang kemajuan ilmu kimia di Eropa) memuji penemuan ini sebagai salah satu penemuan terhebat saat ini. Keberhasilan Tim peneliti yang dipimpina Dr Yen-Hsun Wu inipun lantas membuat ide ini masuk kedalam catatan jurnal Nanoscale.