Recent Posts

Contributors

Susu mentah baik untuk kesehatan

NUTRISI susu tak diragukan lagi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan kasein, protein, maupun kalsiumnya bisa langsung diserap tubuh. Belakangan, muncul pendapat yang menyatakan susu mentah lebih baik dikonsumsi ketimbang dimasak. Sebab, pemasakan susu dapat merusak nutrisi yang terkandung.





Pendapat itulah yang mendorong peternak sapi menerapkan ternak yang steril dengan standar sanitasi yang tinggi. Sehingga, susu yang baru diperah cukup aman utnuk dikonsumsi langsung.

Meski demikian, para ahli berpendapat susu yang tak dimasak dapat berisiko keracunan karena minuman itu telah terkontaminasi bakteri. Sebanyak 22 negara bagian di Amerika Serikat kemudian melarang penjualan susu mentah langsung ke konsumen. Kanada, Australia, dan Skotlandia pun menerapkan larangan yang sama.

Kontaminasi bakteri memang sangat mudah terjadi karena susu kaya nutrisi. Tak hanya manusia, bakteripun membutuhkan nutrisi itu sebagai media untuk pertumbuhan mereka. Bakteri pada organ susu sapi pun dapat terserap saat diperah.

Beberapa produsen mulai menjual susu mentah sebagai makanan sehat dengan jaminan pemerahan dan pengemasan yang steril. Namun untuk amannya, sampai ada penelitian lebih lanjut, tetap lakukan pemanasan pada susu dalam waktu singkat untuk mematikan bakteri jahatnya.

Sumber