Recent Posts

Contributors

Fakta Menarik Seputar Buah Pala

Tahu tidak, buah pala merupakan salah satu rempah yang menyebabkan Belanda sangat tertarik dengan bangsa Indonesia. Saking tertariknya, malah sampai ingin memiliki.



Buah pala ini berasal dari Pulau Banda (Maluku). Bangsa-bangsa Eropa (termasuk Belanda) pada abad ke- XVI pada berdatangan ke Banda-Indonesia untuk berdagang rempah-rempah sekaligus menjajah bangsa kita..Bahkan buah ini 1 kg-nya dulu pernah mampu membuat pemiliknya membangun rumah di Eropa (wah mahal juga ya..). Hmm jadi kenapa ya, buah imut ini begitu diperebutkan..
Ada tiga bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi.

* Pertama daging buah yang berwarna keputihan. Daging buah pala dapat diolah menjadi manisan dan sirup pala yang terkenal lezat dan harum.

*Bunga pala. Bunga pala ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum.

*Biji yang berwarna kecoklatan, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Dihaluskan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet dll

Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa di ambil dari tumbuhan pala:
- membantu mengurangi masuk angin.
- mengobati insomnia
- melancarkan pencernaan
- meningkatkan selera makan
- mengatasi rasa mual
- nyeri haid
- rematik
dan masih banyak lagi,
ini sedikit resep yang diketahui,
- untuk insomnia /mengurangi stress :
1 sendok teh biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, dan ½ sdt gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum hangat-hangat.
- Nyeri Haid.
Ambil 1 sdt pala halus, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh dan satu gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.
Semoga bermanfaat..