Recent Posts

STATISTIK

Latte Art, Seni Unik melukis pada secangkir kopi susu

Latte atau Caffè latte (Bahasa Italia yang artinya kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 3:1. Minuman ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950 oleh Lino Meiorin.

Ia merupakan pemilik dari sebuah cafe dan merupakan barista pertama dari Italia. Pengunjung cafenya ketika itu tidak terbiasa dengan rasa dari cappuccino tradisional yang sangat tajam dan karenanya meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopi tersebut.

Lama-kelamaan Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan lebih banyak susu dan menyebutnya sebagai "caffè latte". Ketika itu, ia menyajikan caffè latte dalam mangkuk dan kemudian beralih menggunakan gelas bir. Kini, caffè latte disajikan dalam cangkir.




















Resep Caffe Latte

Latte merupakan minuman yang mengandung susu. Di beberapa negara Eropa, latte berarti susu. Dan minuman dengan campuran latte akan menghasilkan rasa yang lembut di lidah.

Bahan:

2 sdm kopi instan
300 ml susu hangat
125 ml krim kental
3 sdm gula pasir
Es batu, sesuai selera
Coklat keping, potong tipis-tipis
Coklat bubuk untuk taburan

Cara membuat:

1. Larutkan kopi instan dalam susu, sisihkan hingga dingin.
2. Masukkan krim kental, gula, dan es batu ke dalam blender. Kemudian proses hingga gula larut.
3. Masukkan kopi susu dan cokelat keping ke dalam blender, proses kembali hingga berbuih.
4. Tuang minuman ke dalam gelas, taburi cokelat bubuk. Sajikan selagi dingin.